Fashion Muslim Andalan Pengusaha Chandra Ekajaya

Hobi memang bisa mendatangkan kesuksesan, mungkin ungkapan ini yang cocok menggambarkan sosok pria kelahiran Malang Jawa Timur bernama Chandra Ekajaya. Melalui hobi fashion yang dimilikinya, sekarang dirinya menjadi dalah satu pengusaha baju muslim sukses di Indonesia.

Pada tahun 2009, Chandra Ekajaya membuka bisnis di dunia fashion muslim dengan membuka butik busana muslim bernama Chandra Fashion Muslim Inspire. Di dalam bisinis baju muslimnya ini, dirinya tak hanya membuat busana muslim sudah jadi dan siap pakai, namun ternyata dirinya juga membuat busana muslim terbatas atau dalam artian limited edition. Berbagai jenis model busana muslim menjadi andalan dirinya di dalam produk fashion nya, mulai dari jenis trendi bergaris rancang etnik kontemporer di butiknya, busana muslim produk miliknya bisa dibeli di berbagai pusat perbelanjaan karena sudah menjalin kerjasama dengan berbagai macam swalayan dan departement store.

Fashion Muslim Andalan Pengusaha Chandra Ekajaya

Setiap bulanya dari produksi busana muslimnya sekitar 200 potong. Sedangkan masalah desain baju muslim siap pakai, dirinya hanya membuat 30 potong baju untuk satu desain setiap jenis baju muslim. untuk Harga yang di banderol berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 2 juta berbeda utnuk setiap detail baju dan jenis. Berbeda dengan baju muslim siap pakai, harga busana muslim eksklusif atau limited edition sekitar Rp 1 juta-Rp 3 juta.

Kesuksesan yang sudah diraih saat ini merupakan buah dari hasil kerja keras dan keseriusannya menapaki karier di dunia fashion. Pengusaha sukses ini memfokuskan diri untuk mengembangkan binsnis fashion baju muslim untuk semakin bisa berkembang pesat. Walaupun dirinya menjalankan usaha di bidang fashion bisa dikatakan secara otodidak. Tidak ada passion atau pernah belajar mengenai fashion, semua itu murni karena keinginanya. Namun kejelian pengusaha Chandra Ekajaya memang tidak begitu saja dalam membuka bisnis. Sebelum dirinya menjalankan bisnis terlebih dahulu melakukan penelitian sebagai awal untuk memulai bisnis. Bisnis baju muslim ini dirasa sangat potensial di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara dengan mayoritas penduduk Bergama Islam dan bahkan merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sehingga pasar untuk baju muslim terbuka lebar dan memiliki pasar yang potensial.

Awal mula dirinya mendirikan bisnis dengan merogoh kocek sendiri sebesar Rp 4 juta untuk modal awal memulai usaha, tidak disangka bisnis busana muslim miliknya ternyata terus berkembang. Tak hanya ingin memperbesar pasar lokal, dirinya juga mulai merencanakan untuk melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Namun bukan hal mudah untuk mewujudkan hal tersebut, butuh kerja keras dan totalitas agar mampu menembus pasar asing.  Kini, bisnisnya sudah berkembang cukup pesat. Pengusaha  Chandra Ekajaya mengatakan, omzet usahanya sudah mencapai 20 kali lipat dari modal awalnya yang tadinya hanya RP 5 juta rupiah menjadi Rp 150 juta rupiah perbulan. Angka tersebut bisa dibilang fantastis untuk ukuran pebisnis muda yang bergerak di dunia fashion muslim. Tadinya hanya menerima pesanan dua busana muslim, saat ini produk Chandra Fashion Muslim Inspire sudah secara rutin memproduksi busana muslim. Setiap bulanya saja dari baju muslim siap pakai bisa memproduksi Sekitar 100 hingga 200 potong busana muslim. Harga jual busana muslim tersebut mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 4 juta per potong baju sesuai dengan jenis pakaian.

Fashion Muslim Andalan Pengusaha Chandra Ekajaya

Pengusaha yang rendah hati dan tidak sombong ini mengungkapkan omzet penjualannya setiap bulan pada bisa saja melebihi dari ratusan juta rupiah, terlebih lagi jika dirinya bisa melebarkan sayap bisnisnya hingga menembus pasar asing bukan barang sulit untuk mendaptkan pendapatan hingga miliaran rupiah. Kesuksesan tersebut bukan berjalan mulus begitu saja, tetapi perjalanan usahanya sejak 6 tahun lalu mengalami pasang surut dalam berbisnis. Banyak rintangan dan hambatan yang dirinya hadapi. Mulai dari kendala penurunan penjualan. Tak hanya itu, untuk beberapa karyawan di tempat usahanya terkadang sulit diatur dan bekerja seenaknya sehingga memerlukan pengawasan yang lebih.

Hal lainya adalah ketika belum sempat memperbanyak busana muslim buatannya itu, tidak lama kemudian dirinya menemukan ada beberapa model baju yang mirip dengan miliknyadan hal tersebut bisa membuat nilai jual baju miliknya turun. Namun semua itu bisa dilewatinya, kesabaran dan kerjakeras menjadi salah satu kunci kesuksesan yang ditanamkan dalam jiwa pengusaha ini. Chandra Ekajaya hanya mengambil pelajaran dari hal semacam ini dengan berupaya lebih kreatif lagi membuat busana muslim yang baru dengan model yang baru juga.

Kreatifitas dan ide desain tidak akan muncul begitu saja, perlu pemikiran kreatif dan pastinya ide. Untuk memunculkan ide diperlukan kesabaran dan referensi. Agar kreativitasnya terus terasah dan mendapatkan ide-ide segar untuk model baju muslim miliknya, pengusaha baju muslim ini kerap berpergian ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Tujuannya mencari inspirasi rancangan busana dari berbagai tempat berbeda. Karena setiap daerah dan negara pasti memiliki keunikan tersendiri. Bisa jadi antara satu dengan lainya memiliki perbedaan dan ternyata dari situlah muncul ide untuk bisa mengkombinasikan hal semacam itu. Salah satu contohnya adalah Dengan menggabungkan dua budaya antara Indonesia dan Latin, Najua mengombinasikan batik dan tenun ikat dipadu dengan gaya Mexican coyoacan yang berwarna gelap. Cayenne red, turqouis, hijau tua, dan hitam dijadikan sebagai ornamen. Ide ini muncul ketika dirinya sedang berjalan-jalan di daerah amerika latin dan mengunjungi meksiko. Dirinya diberi kain khas mexico kemudian terpikir untuk mengkombinasikan kain tersebut di dalam model baju muslim.

Memang, inspirasi model busana muslimnya banyak diperoleh dari kekayaan budaya bangsa lain dan dari Indonesia. Namun, secara garis besar mdoel rancang produk baju muslim milik Chandra Ekajaya menciptakan busana muslim bergaya etnik kontemporer. Aksesori-aksesori berupa kalung dan gelang etnik kerap memperkaya dan mempertegas rancangannya. Untuk segmen pria dan wanita pun semakin menarik dengan perpaduan berbagai macam aksen dan motif. Saat ini busana muslim menjadi trend di Indonesia, baju muslim tidak hanya rancangan model biasa saja dan digunakan untuk acara keagamaan. Baju muslim digunakan sebagai baju fashion mulai dari berpergian, kondangan dan acara resmi lainya. Karena hal inilah saat ini para pengusaha baju fashion muslim mulai berlomba-lomba untuk membuat baju muslim yang fashionable bukan saja cocok untuk beribadah namun juga cocok untuk bergaya dan fashion.

Kedepanya Chandra Ekajaya berniat untuk mengembangkan bisnis baju muslim miliknya merambah pasar asing. Ada beberapa negara dengan dominasi muslim menjadi tujuan dirinya untuk masuk. Mulai dari Malaysia, Singapura, dan kawasan Timur Tengah serta beberapa negara Eropa. Niatan ini bukan hanya niatan semata, sudah beberapa kali dirinya bertemu dengan pengusaha fashion di negara tersebut untuk membicarakan kemungkinan ini. Ternyata menurut pengusaha sukses ini, mereka menyambut dengan positif niatan tersebut dan ada beberapa perusahaan yang sudah siap untuk menjalin kerjasama tersebut dan menjadi salah satu rekan bisnis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s