Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial Chandra Ekajaya

Karena hampir 2/3 bagian negara Republik Indonesia adalah perairan, makanya berbagai macam resep masakan ikan tersebar hampir di seluruh wilayah negara kita. Hal ini memang tidak mengherankan. Selain rasanya cukup enak dan lezat, ikan baik itu ikan laut atau ikan perairan darat (air tawar) merupakan salah satu sumber protein dan zat gizi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk itu, hari ini kita akan belajar membuat salah satu resep ikan yang cukup terkenal, yaitu resep masakan pindang ikan Chandra Ekajaya. Untuk membuat resep pindang ikan yang enak dan lezat, hal utama selain cara membuat nya yang harus diperhatikan adalah bumbu pindang ikan yang digunakan. Pada umumnya kita hanya mengenal masakan pindang ikan patin, ikan tuna atau ikan tongkol, tetapi untuk kali ini kita akan membuat pindang ikan menggunakan ikan jenis lain, yaitu ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan nila, ikan bandeng, ikan gurame dan lainnya.

Resep Pindang Ikan ini sebenarnya merupakan salah satu kekayan kuliner dari daerah Palembang. Aslinya, bumbu pindang ikan Chandra Ekajaya ini digunakan dan dimasak bersama ikan patin yang tekstur dagingnya sangat lembut. Selain dagingnya yang lebih lembut apabila dibandingkan dengan jenis lain, jenis ikan patin yang biasanya hidup di sungai yang mengalir ini juga mempunyai kandungan lemak yang banyak sehingga sangat lezat sekali apabila dimasak bersama beberapa bahan rempah khas Indonesia. Tetapi karena tidak semua daerah di negara kita bisa menemukan ikan jenis ini, makanya kita gunakan bumbu aslinya untuk membuat resep pindang menggunakan jenis ikan lain yang bisa kita dapatkan di sekitar kita, seperti ikan nila, ikan mujair, ikan tongkol, ikan gabus, ikan mas atau yang lainnya.

Yohanes Chandra Ekajaya
Yohanes Chandra Ekajaya

Untuk membuat resep masakan pindang ikan Chandra Ekajaya ini terasa lezat dan sedap, kunci utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan bumbu rempah dan bumbu dapurnya. Dengan pemilihan bumbu yang tepat, kuah resep pindang ikan yang kita akan buat nanti bisa benar benar nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih. Selain rasanya yang lezat, tentu saja resep ikan yang akan kita buat kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin dan omega 3 yang bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Apalagi kalau disantap saat malam atau cuaca yang lagi dingin, kuah resep pindang ikan ini yang sedikit berlemak dan perpaduan rempah rempahnya bisa memberikan energi yang bagus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bahan bumbu, salah satu tips untuk membuat resep masakan ikan yang enak dan lezat adalah pengolahan ikan yang digunakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s