Seorang pengusaha muda sukses yang sudah malang melintang di dunia bisnis laundry Wonosobo adalah Chandra Ekajaya. Ia sudah melakoni bisnis tersebut selama tujuh tahun. Dalam tahun-tahun itu ia mendapat berbagai macam pengetahuan dan pengalaman yang kini ia rangkai dalam buku dan seminar tentang membuat sebuah usaha bisnis laundry yang menarik dan memuaskan.

chandra-ekajaya

Di awal bab buku Tips dan Trik Buka Bisnis Laundry ciptaan Chandra Ekajaya, diterangkan bahwa sebelum membuka bisnis apapun, khususnya laundry, haruslah memperhatikan lokasi dimana usaha laundry tersebut akan didirikan atau bertempat. Sebab lokasi merupakan faktor yang teramat penting dalam pemasaran. Bila lokasi yang dipilih baik dan tepat, maka kemungkinan besar bisnis laundry yang dijalani akan ramai.

chandra-ekajaya-bagi-tips-bisnis-laundry

Menurut Chandra Ekajaya, lokasi yang baik dan tepat bagi usaha laundry adalah lokasi yang dekat dengan tempat pendidikan, misalnya aja dekat dengan sekolah, universitas, dan kos atau kontrakan. Rasionalisasinya adalah orang-orang yang bertempat di wilayah tersebut merupakan kaum urban yang biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci, atau memang malas untuk menjalani aktivitas mencuci dan menjemur pakaian.

chandra-ekajaya-laundry

Kemudian, tips dan trik yang kedua adalah menyesuaikan harga. Chandra Ekajaya menuturkan dalam bab duanya, bahwa calon bisnisman laundry harus melakukan riset mengenai harga pasaran. Untuk riset pun tidak perlu terlalu rumit. Sebuah riset sederhana sangat cukup untuk mengetahui harga yang ditawarkan oleh para kompetitor dan sebagainya.

Pada dasarnya, para konsumen dan pelanggan sebenarnya tidak akan pernah merasa keberatan membayar lebih mahal jika pelayanan dan servis yang diberikan memang sesuai. Maka menurut Chandra Ekajaya, calon pengusaha laundry harus menetapkan harga sesuai dengan pelayanan dan servis yang akan diberikan kepada konsumen.

chandra-ekajaya-room-laundry

Selain soal harga, fungsi riset adalah mengenal seluk beluk kompetitor. Chandra Ekajaya memberikan keterangan bahwa jika di suatu wilayah sudah banyak orang yang membuka usaha seperti yang akan dibuat, maka calon pengusaha tersebut harus kreatif dan berinovasi. Misalnya saja dengan pelayanan ekstra seperti antar jemput. Kemudian soal ketepatan waktu adalah kunci sukses dari usaha laundry,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s