Keindahan  dan keanekaragaman flora dan faunan yang ditawarkan Taman Nasional Meru Beriti menimbulkan daya tarik tersendiri bagi Yohanes Chandra Ekajaya disela-sela aktivitasnya sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi swasta di Salatiga.

perjalanan-yohanes-chandra-ekajaya-di-meru-beriti
Yohanes Chandra Ekajaya beserta rekan kuliahnya bersama-sama mengunjungi Taman Nasional Meru Beriti. Taman Nasional yang memiliki luas tanah tak kurang dari 580 km2. Secara Adminstratif mencakup dua wilayah di Jawa Timur , Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Ada beraneka ragam flora dan fauna  terdapat di Taman Nasional ini. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam flora langka di  sini diantaranya Balanphora Fungosa, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, Raflesia Zollingeriona dan berberapa jenis tanaman obat. Selain itu para pengunjung dapat menyaksikan hewan liar nan ekosits seperti kera ekor panjang, kambing hitam, ajag, penyu, lengkang, kumbang hitam, banteng, rusa, landak, trengiling, kucing hutan.

yohanes-chandra-ekajaya-di-tama-meru-beriti

Diantara hewat tersebut menurut pembicaraan warga sekitar masih terdapat harimau Jawa, macan tutul, kijang, banteng, dan berbagai jenis monyet. Dari berapa jenis burung terdapat merak, rangkong dan elang. Salah satu yang menjadi binatang khas Meru Beriti adalah Penyu. Jenis penyu langka seperti  penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu Hijau (Cehelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lengkang (Lepidochelys olivacea) ditangkarkan di Pantai Sukamade, Meru Beriti bagian ujung timur.

Beberapa tempat indah ditawarkan oleh Taman Nasional Meru Beriti yang dapat dikunjungi  seperti Pantai Batu, Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau, dan tentu saja Pantai Sukamade. Selain itu anda dapat menikmati keindahan Bunga Raflesia , Goa Jepang dan sebagainya. Disepanjang perjalanan jalur yang cukup menantang anda akan menikmati pemandangan yang indah.

 
Yohanes Chandra Ekajaya bersama teman temannya lebih memilih menginap di pondok wisata yang disediakan oleh pihak pengelola Tamana Nasional Meru Beriti dengan tarif kurang lebih Rp.300.000 per kamar. Bagi yang engan merogoh koceknya untuk menginap di pondok wisata, pihan Taman Nasional Meru Beriti juga menyediakan tempat untuk mendirikan tenda dan ber-camping ria.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s