Anak-anak generasi tahun 90-an pasti tahu dengan mainan yang bernama yoyo. Kalau menurut Yohanes Chandra Eka, istilah yoyo itu diambil dari nama panggilannya. Tetapi hal itu hanyalah candaan.

Sejarah mainan yoyo sendiri masih menjadi misteri. Banyak versi yang muncul dan berkembang dari sejarah yoyo. Yohanes Chandra Ekajaya sendiri lebih mengamini bahwa mainan yoyo berasal dari peradaban mesir kuno pada masa 5.000 bahkan 6.000 tahun yang lalu. Kemudian, karena peradaban yang satu mulai berinteraksi dengan peradaban lain, maka mainan yoyo mulai dikenal di peradaban yunani kuno. Mulai dari masa Yunani Kuno hingga Renaissance, yoyo kemudian dikenal di daratan Indonesia.

 

klasik-yohanes-chandra-ekajaya

Yoyo adalah mainan yang sangat populer di Indonesia. Semua anak kecil pasti pernah memiliki dan memainkan yoyo. Bahkan menurut Yohanes Chandra Ekajaya pebisnis yoyo kelas kakap ini, cara memainkan yoyo di daratan Indonesia ini sudah terbagi dua, yaitu maskulin dan feminin.

Sejak kecil, Yohanes Chandra sangat menyukai yoyo. Ia sering memainkan mainan tersebut di setiap ada kesempatan. Tangannya seolah sudah mempunyai hubungan yang mesra dengan yoyo.

yoyo-yohanes-chandra-ekajaya

Meskipun orang Eropa atau Amerika membuat yoyo yang berasal dari plastik, bahkan hingga yang bisa mengeluarkan api, yoyo yang berasal dari Jawa tidak dapat tergantikan. Yohanes Chandra Ekajaya pebisnis yoyo yang sangat terkenal menamai yoyo buatannya dengan sebutan Java Yoyo.

Ternyata respon yang diterima oleh Java Yoyo sungguh menakjubkan. Yohanes Chandra sendiri tak menyangka bahwa Java Yoyo akan diterima di pasar dalam negeri dan luar negeri. Negara Asia seperti Jepang, Korea Utara dan Selatan, bahkan negara Tiongkok pun memesan Java Yoyo dalam jumlah yang besar.

yohanes-chandra-sukses-besar

Tak ingin ketinggalan, pengusaha dari benua Eropa dan Amerika pun berbondong-bondong memesan dan mengimpor Java Yoyo buatan Yohanes Chandra Eka. Ini membuktikan bahwa yoyo buatan Ekajaya memang sangat mengesankan.

java-yoyo-goes-international-yohanes-chandra-sukses-besar

Jika biasanya para penampil atraksi yoyo hanya bisa menampilkan gaya keliling dunia, maka dengan Java Yoyo buatan Yohanes Chandra Ekajaya ini mereka bisa menampilkan gaya yang baru, yaitu keliling semesta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s