Menurut Yohanes Ekajaya Chandra, telinga adalah indera pertama manusia yang aktif sejak dalam kandungan. Tidak jarang kita lihat, ibu-ibu muda yang memperdengarkan musik klasik pada janin mereka. Maka, bunyi-bunyi yang tersusun secara teratur yang kemudian disebut nada, menjadi bagian penting dari manusia.

belajar-musik-yohanes-ekajaya-chandra

tips-dan-trik-belajar-musik-secara-cepat-oleh-yohanes-ekajaya-chandra

Semua orang suka dengan musik. Bahkan hampir setiap orang ingin dapat bermain musik. Yohanes Ekajaya Chandra mengatakan bahwa dirinya mempunyai tips dan trik belajar musik secara cepat.

 

  1. Punya Alat Musik

Yohanes Ekajaya Chandra mengatakan bahwa syarat pertama untuk belajar musik adalah mempunyai alat musik. Tapi, kalau memang tidak punya, maka bisa menggunakan tenggorokan dan pita suara. Sebab pita suara adalah alat musik yang paling fleksibel. Itu artinya hampir semua manusia di dunia sudah memiliki alat musik di dalam tubuhnya.

 

  1. Baca Buku

Buku adalah jendela dunia. Mungkin selain Tantowi Yahya,Yohanes Ekajaya Chandra adalah orang yang mengatakan kalimat tersebut. Untuk belajar musik secara cepat, maka kita harus banyak membaca buku tentang musik. Mulai dari sejarah, filsafat, dan teknik musik.

 

  1. Nonton YouTube

Yohanes Ekajaya Chandra menjelaskan bahwa generasi saat ini adalah generasi digital kontemporer. Generasi tersebut cenderung digital addicted atau internet addicted. Dan YouTube adalah raja video di internet, sehingga setiap muda-mudi pasti mengunjunginya. Di channel youtube, banyak sekali orang yang mau berbagi ilmu, pengalaman dan ide-ide kreatifnya di situs tersebut. Terlebih di bidang musik, musik menjadi andalan dari YouTube.

 

  1. Mencari Guru Les/Privat

Guru les/privat di bidang musik sudah sangat banyak. Maka tidak sulit untuk mencari guru les musik. Biayanya pun terjangkau. Yohanes Ekajaya Chandra menjelaskan bahwa dengan adanya guru, maka pola belajar kita akan lebih terarah dan jelas.

 

  1. Mencari Teman atau Bergabung Dengan Komunitas Musik

Yohanes Ekajaya Chandra menerangkan bahwa dengan mempunyai teman yang mencintai musik, maka akan memacu semangat dan menambah referensi serta pengetahuan bagi diri kita sendiri. Terlebih bila bergabung dengan komunitas, maka akan lebih banyak pula semangat dan refereni untuk pengembangan dan kemajuan pembelajaran musik diri kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s